TNI-Polri Tindak Tegas KST Papua Demi Mengamankan Event PON XX

Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua kembali beraksi dengan membakar puskesmas hingga sekolah di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Tindak lanjut dari aksi tersebut, Polda Papua akan membentuk dua tim khusus untuk memburu para KST Papua.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, mengatakan bahwa Polda Papua telah mengirim Tim Khusus ke Distrik Kiwirok Pegunungan Bintang. Mereka dikirim untuk melakukan penanganan terkait dengan terjadinya tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh KST Papua.

Menyikapi hal tersebut, dosen geopolitik UI yang juga peneliti MPPI, Muhammad Irandito Malik, mengatakan bahwa langkah penindakan dan penegakan hukum yang dilakukan oleh TNI-Polri guna mengamankan PON XX 2021 sudah tepat.

“Penindakan yang dilakukan oleh TNI-Polri terhadap KST Papua bertujuan untuk mengamankan event PON XX 2021, dan hal tersebut sudah tepat”, ujar Irandito.

Lebih lanjut, Irandito mengatakan bahwa perlunya sinergitas masyarakat Papua untuk menyukseskan PON XX Papua yang aman dari potensi ancaman aksi teror KST. Selain itu diperlukan juga dukungan bagi program vaksinasi Menjelang PON XX guna meminimalisir resiko pandemi covid-19.

“Diperlukan sinergitas dari masyarakat Papua guna menyukseskan event PON XX Papua yang bebas dari potensi ancaman aksi teror KST. Selain itu juga diperlukan dukungan bagi program vaksinasi Event PON XX guna meminimalisir resiko pandemi covid-19”, tambahnya.

Tinggalkan Balasan