Mengapresiasi Pembangunan Papua Youth Creative Hub

Oleh : Moses Waker )*

Presiden Jokowi meresmikan Papua Youth Creative Hub. Keberadaan Papua Youth Creative Hub wajib diapresiasi karena bisa memajukan dan membantu para putra Papua untuk terus berkarya.

Pemerataan pembangunan adalah salah satu program yang ditekankan pada masa pemerintahan Presiden Jokowi. Beliau gemar blusukan hingga ke Papua, untuk mendengarkan suara rakyat. Sehingga tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan akan ada azas keadilan, karena seluruh rakyat mulai dari Sabang sampai Merauke mendapatkan perhatian dari pemerintah.
Salah satu daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari Presiden Jokowi adalah Papua. Bahkan beliau adalah Presiden Indonesia yang paling sering mengunjungi Bumi Cendrawasih. Termasuk ketika beliau melakukan groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Distrik Abepura, Kota Jayapura, tanggal 2 oktober 2021.

Presiden Jokowi berharap Papua Youth Creative Hub bisa jadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada.
Rencana pembuatan Papua Youth Creative Hub merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Jokowi dengan sejumlah anak muda Papua pada bulan september 2019 lalu. Kemudian pada saat meresmikan jembatan Youtefa pada akhir tahun 2019 juga, Presiden mengapresiasi pencanangan program Papua Muda
Inspiratif, termasuk Papua Youth Creative Hub.
Presiden melanjutkan, Papua Youth Creative Hub bisa mengembangkan talenta para pemuda Papua di berbagai bidang, mulai dari sains, olahraga, seni budaya, dll. Mereka memiliki potensi besar untuk maju. Nantinya, Papua Youth Creative Hub akan menjadi wadah untuk berbagai talenta seperti petani milenial, ekosistem digital, dan pengembangan riset dan inovasi.

Papua Youth Creative Hub merupakan sebuah tempat yang akan memiliki berbagai fasilitas, di antaranya co working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi produk, asrama, dan fasilitas olahraga. Diharap dengan berbagai fasilitas yang disediakan akan bisa membantu para pemuda Papua untuk mengembangkan potensinya.

Selama ini bisa jadi para pemuda Papua memiliki bakat tetapi bingung mau disalurkan ke mana atau tidak punya tempat untuk membentuk komunitas, padahal sayang sekali jika talentanya terkubur sia-sia. Oleh karena itu keberadaan Papua Youth Creative Hub patut diapresiasi karena bisa jadi tempat berkumpul. Sehingga anak-anak muda saling sharing dan berkolaborasi untuk membuat karya baru.

Dengan fasilitas yang ada di Papua Youth Creative Hub maka para pemuda dari Bumi Cendrawasih yang berbakat di bidang seni akan bisa mengembangkan talentanya. Mereka bisa menjadi seniman besar seperti Edo Kondologit, Nowela, Funky Papua, Ari Sihasale, dll yang merupakan warga keturunan Papua. Sehingga mereka akan bisa menjadi artis peran, penyanyi, atau pekerja seni profesional.

Menariknya, di Papua Youth Creative Hub tidak hanya tersedia fasilitas untuk pengembangan bidang kesenian dan budaya, tetapi juga pertanian modern, teknologi digital, dan inovasi. Sehingga anak-anak muda akan menjadi petani yang berinovasi dan membuat varian hasil bumi baru. Lantas dengan menguasai teknologi digital, mereka bisa memasarkannya via internet sehingga jangkauan pembelinya makin luas.

Papua Youth Creative Hub adalah sebuah tempat yang bagus sekali sebagai kawah candradimuka, sehingga anak-anak muda dari Bumi Cendrawasih bisa mengasah talenta dan mengembangkan potensinya. Mereka bisa memiliki tempat pertemuan yang representatif untuk brainstorming, sharing ide baru, maupun pembelajaran teknologi baru. Sehingga akan makin cerdas, kreatif, dan membantu dalam pembangunan Papua di masa depan.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan