Pemerintah Jamin Keselamatan dan Keamanan bagi Kontingen PON

Kapolda Papua, Brigjen Mathius D. Fakiri, mengatakan Papua aman dan kondusif serta jaminan keamanan dan keselamatan para atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih, 2-15 Oktober 2021.

“Saya menyuarakan bahwa Papua dalam keadaan aman dan kondusif. Raihlah prestasi dalam hajatan PON XX. Kami memberikan jaminan keamanan serta keselamatan bagi semua orang,” kata Brigjen Mathius D. Fakiri

Hal ini juga didukung oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menegaskan bahwa kunci keberhasilan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON Papua) XX Papua 2021 adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Penerapan protokol kesehatan ini dinilai sangat penting supaya tidak menimbulkan masalah-masalah pada momentum PON XX Papua, baik pada saat pelaksanaan hingga berakhirnya perhelatan olahraga nasional ini.

“PON ini salah satu keberhasilannya apabila kita mematuhi protokol kesehatan secara ketat supaya tidak meninggalkan masalah-masalah baru,” ujar Ketua Umum KONI.

Ketua Umum KONI, pihaknya telah mempelajari penerapan protokol kesehatan pada Olimpiade Tokyo beberapa waktu lalu untuk ditetapkan pada PON XX Papua.

Contohnya adalah pembatasan aktivitas setiap atlet yang bertanding, yakni hanya di lingkungan wisma atlet dan venue pertandingan masing-masing, sesuai cabang olah raga yang diikutinya.

Selain itu, lanjut dia, khusus untuk olahraga yang berkontak fisik (body contact) antarpemain, sebelum bertanding diwajibkan melakukan tes swab antigen tanpa meninggalkan wisma atlet.

“Dan itu wajib, tidak ada satupun atlet yang lepas dari itu untuk keselamatan semuanya, untuk keselamatan atlet itu sendiri, untuk keselamatan lawannya, untuk keselamatan yang lain,” imbuh Ketua Umum KONI.

Tinggalkan Balasan