BINDA Kalteng Lakukan Jemput Bola Vaksinasi Covid Ribuan Warga

PALANGKA RAYA, – Upaya mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19 melalui vaksinasi, terus dilakukan berbagai komponen pemerintah. Mulai pemerintah pusat, daerah, TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) dikerahkan.

Badan Intelijen Negara Daeran (BINDA) Kalimantan Tengah pun menjadi salah satu bagian yang proaktif mengambil peran tersebut. Melalui kegiatan vaksinasi massal, dengan sasaran utama para pelajar maupun masyarakat umum.

Setelah beberapa kali melakukan vaksinasi massal dengan sasaran utama para pelajar, BINDA Kalteng kembali melakukan kegiatan serupa. Kali ini, tak hanya para pelajar yang menjadi target, tetapi masyarakat umum yang disambangi secara langsung door to door.

“Hari ini kami melakukan vaksinasi massal secara serentak di tiga kabupaten dan satu kota di Kalteng, yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kapuas,” kata Kepala BINDA Kalteng, Brigjen TNI Sinyo, di sela meninjau kegiatan vaksinasi door to door di wilayah Kelurahan Pahandut Seberang, Palangka Raya, Kamis (14/10/2021).

Dijelaskan Sinyo, vaksinasi dengan sistem door to door atau langsung mendatangi warga dari rumah ke rumah ini dilakukan bukan saja hanya untuk mendukung percepatan target capaian vaksin, tetapi juga memberikan kemudahan serta kesempatan kepada warga yang kesulitan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 melalui tempat-tempat pelayanan vaksin.

“Upaya jemput bola yang kita lakukan ini karena kita sadar bahwa tidak semua masyarakat bisa datang ke tempat-tempat pelayanan vaksin Covid-19 karena berbagai kendala yang dialami, terutama yang sudah lanjut usia atau lansia. Meskipun mereka sebenarnya ingin divaksin. Jadi, kita berupaya membantu itu,” ujarnya.

Pada kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan kali ini, lanjut Kabinda, pihaknya menargetkan sebanyak 5.500 orang yang mendapatkan vaksin.

Di Kota Palangka Raya, vaksinasi akan dilaksanakan SMPN 6 Palangka Raya, serta vaksinasi door to door di wilayah Kecamatan Pahandut dan Bukit Batu. Kemudian di Kabupaten Kotawaringin Barat, vaksinasi dengan sasaran pelajar dipusatkan di SMPN 2 Kumai dan vaksinasi door to door di Desa Purbasari.

Di Kabupaten Kotawaringin Timur vaksinasi pelajar dipusatkan di SMPN 3 Sampit dan vaksinasi door to door di Kecamatan Baamang. Sedangkan di Kabupaten Kapuas, vaksinasi door to door dilakukan di wilayah Kecamatan Selat.

Untuk jumlah vaksin yang kita targetkan hari ini, total sebanyak 5.500 dosis. Yaitu 2.700 dosis di Kota Palangka Raya, 1.500 dosis di Kotawaringin Barat, 1.000 dosis di Kotawaringin Timur, dan 500 dosis di Kabupaten Kapuas,” beber Sinyo.

Pada kegiatan vaksinasi door to door tersebut, tim BINDA Kalteng juga membagikan paket bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang menerima vaksin.

Dengan adanya Vaksinasi dari Rumah ke Rumah ini juga dirasakan manfaatnya oleh Rusminah. Perempuan berusia 71 tahun yang mengaku kondisi dirinya yang sudah sering sakit-sakitan, membuat dia hingga sekarang belum bisa datang ke tempat pelayanan kesehatan guna mendapatkan vaksin.

“Keadaan seperti ini ya membuat saya tidak bisa kemana-mana. Untuk itu saya berterimakasih kepada BINDA Kalteng, saya dan juga warga Pahandut Seberang lainnya akhirnya bisa mendapatkan vaksin secara gratis tanpa harus keluar rumah, karena petugasnya datang langsung ke sini,” ucap Rusminah sembari tersenyum.

Tinggalkan Balasan