Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di Sejumlah Sekolah Sangat Diperlukan dengan Menerapkan Prokes Ketat

Jakarta – Jumlah penyebaran kasus harian Covid-19 di Indonesia terus menurun dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun hal ini merupakan pertanda yang baik, masyarakat sebaiknya tetap tidak abai dalam melakukan pencegahan dan penerapan protokol kesehatan.

Apalagi, saat ini kegiatan publik sudah mulai kembali dilakukan. Seperti pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas, yang mana beberapa daerah sudah ada yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tersebut. Supaya PTM Terbatas berjalan dengan lancar, protokol kesehatan atau prokes tetap harus dijalankan dengan ketat.

Hal ini penting dilakukan agar kegiatan PTM tersebut berjalan dengan nyaman dan aman. Dengan disiplin mematuhi prokes, penyebaran virus Covid-19 terutama di lingkungan sekolah bisa ditekan.

Apa saja protokol kesehatan selama PTM Terbatas? Berikut ini daftar prokes dilansir dari akun Instagram Kemendikbud Ristek yang perlu dipahami murid dan orangtua.

Protokol kesehatan selama PTM Terbatas

  1. Rajin mencuci tangan. Gunakan sabun dan air mengalir saat mencuci tangan atau hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%.
  2. Memakai masker dengan benar. Gunakan masker dobel yaitu masker medis yang dirangkap dengan masker kain.
  3. Menjaga jarak. Selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.
  4. Menjauhi kerumunan. Hindari aktivitas yang dapat menimbulkan kerumunan seperti nongkrong bersama teman.
  5. Mengurangi aktivitas di luar. Jika dirasa tidak penting, sebaiknya segera pulang setelah selesai belajar di sekolah

Selain prokes yang ketat di atas, asupan makanan serta durasi istirahat juga perlu dijaga agar kesehatan pelajar tetap terjaga. Bila perlu tambah dengan vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Peran orang tua juga sangat penting, Berikan pengertian dan penjelasan kepada anak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di sekolah. Tetap patuhi prokes tersebut agar PTM Terbatas berjalan lancar dan terlindungi dari penularan virus Covid-19.

Tinggalkan Balasan