Percepatan Program Vaksinasi Nasional Berhasil Menurunkan Kasus Positif Covid-19

Jakarta – Pemerintah Indonesia saat ini berupaya mempercepat program vaksinasi guna membentuk (herd immunity) kekebalan kelompok dari penularan virus Covid-19.

Pemerintah melalui Kemenkes terus berupaya untuk meningkatkan percepatan vaksinasi. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM mengatakan selain membuka vaksinasi massal dengan bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

“Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Pemerintah saat ini juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin, baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

Selain itu, Kemenkes juga melakukan kerja sama dengan lintas kementerian terkait untuk menjangkau daerah yang sulit terjangkau vaksinasi, dengan memperbanyak sumber daya manusia dan menggerakkan orang-orang dengan pendekatan lokal agar mau divaksinasi.

Seluruh masyarakat Indonesia juga diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari COVID-19.

Tinggalkan Balasan