Mendukung KPK Tetap Fokus Mencegah dan Memberantas Korupsi di Indonesia

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tetap fokus terhadap kerja-kerja pemberantasan korupsi merespons adanya aksi massa di depan Gedung KPK, beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Komisi III DPR juga menilai bahwa KPK sudah membuktikan kinerjanya dengan penangkapan sejumlah koruptor dan pengembalian aset negara yang tidak kecil.

“KPK sebenarnya sudah membuktikan kinerja mereka dengan sangat baik akhir-akhir ini, terlihat dari kebijakan mereka yang berani dan tegas dalam meringkus koruptor,” ungkap Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, beberapa waktu lalu.

Menurut data pada semester I 2021 ini, KPK telah berhasil mengembalikan uang negara sebesar Rp171,99 miliar dan juga mengungkap beberapa kasus besar.

“Prestasi ini tentu berbeda dengan kekhawatiran beberapa kalangan yang menyebutkan KPK sekarang kinerjanya menurun. Padahal kalau melihat dari data yang ada, justru KPK sekarang semakin kuat,” ujarnya.

Sahroni juga berharap agar KPK tidak terpecah fokusnya atas hasil survei-survei yang ada. Akan lebih baik jika KPK lebih baik terus fokus untuk memberantas korupsi dan menyelamatkan uang negara sebanyak-banyaknya.

“Menurut saya, KPK tidak perlu terlalu terbawa persepsi publik yang memecah konsentrasi. Fokus saja memberantas korupsi. Mari buktikan dengan kinerja, karena itu tujuan utama,” ujarnya.

Dia meyakini KPK dapat mematahkan isu kepercayaan publik tersebut dengan kinerjanya dan prestasi-prestasi KPK di masa depan. Kekhawatiran dan persepsi negatif dari publik dalam iklim demokrasi itu hal yang wajar. Apalagi untuk menerima perubahan besar yang dilakukan KPK sekarang.

“Tentu tidak mudah, pasti ada pro dan kontra. Namun anggap saja hal ini menjadi pemicu KPK untuk bekerja lebih baik lagi, dan jadikan peningkatan prestasi ke depan sebagai fokus utama, karena banyak harapan publik ditaruh di punggung KPK,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan