Mengimbau Masyarakat Agar Siap Hidup Berdampingan dengan Pandemi Covid-19

Jakarta – Pandemi Covid-19 diperkirakan akan tetap berada di sekitar kita. Masyarakatpun harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19 karena, pandemi diprediksi tidak akan berakhir dalam waktu singkat.

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, untuk dapat hidup berdampingan dengan Covid-19, Indonesia harus memenuhi empat syarat utama dan beberapa hal harus dilakukan, di antaranya mempercepat vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan. Keempat hal itu harus dilakukan secara masif oleh seluruh pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Pertama, sebut Menkes, penerapan protokol kesehatan yang harus dilakukan secara ketat dan disiplin oleh siapapun dan dimanapun.

Pertama, penerapan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M) adalah hal yang wajib dilakukan demi meminimalkan potensi terjadinya penyebaran virus.

Kedua, menerapkan surveillance (pengawasan) melalui gerakan 3T (tracing, testing dan treatment) secara ketat. Hal ini menjadi hal utama agar ada respon cepat dari pihak terkait ketika menemukan kasus positif di lapangan.

Ketiga, melakukan percepatan vaksinasi ke semua wilayah di Indonesia. Diakui bahwa pelaksanaan vaksinasi di Indonesia penuh tantangan dan tak mudah, karena jumlah penduduk yang besar dan kondisi geografis Indonesia yang berpulau-pulau.

Namun, Menkes juga mengingatkan, bahwa setidaknya ada sejumlah negara yang capaian vaksinasinya tinggi tetapi kasus Covid-19 meningkat karena mereka mengabaikan protokol kesehatan.

“Kita lihat negara kayak Israel, Amerika Serikat vaksinasi tinggi tetap naik lagi karena mereka mengabaikan protokol kesehatan. Jadi teman-teman selain vaksinasi, jangan euforia tetap waspada,” ungkap Menkes.

Terakhir, adalah kesiapan rumah sakit (RS) yang harus ditingkatkan layanan dan fasilitas kesehatannya. Hal ini dibutuhkan agar ketika terdapat kasus positif bisa tertangani dengan cepat, sehingga potensi penularan bisa dicegah.
Selain fokus pada penanganan kasus Covid-19 yang sudah mewabah di Indonesia, pemerintah memastikan juga akan fokus untuk mencegah potensi masuknya virus varian baru seperti MU, Lamda dan lainnya.

Tinggalkan Balasan