Pelaksanaan Pembangunan Nasional Dengan Lingkungan Tetap Terjaga

Jakarta – Pembangunan berwawasan lingkungan adalah upaya melestarikan lingkungan. Dengan diadakannya pembangunan nantinya didasari dengan sumber daya alam serta berada pada tempat indah jauh dari polusi.

Upaya ini dilakukan tidak hanya serta merta saja, namun tentu memiliki tujuan. Usaha ini akan dilakukan dengan meningkatkan kualitas manusianya secara bertahap namun dengan memerhatikan faktor lingkungan sekitar. Pembangunan berwawasan lingkungan ini juga dikenal sebagai sebutan pembangunan berkelanjutan.

Kriteria pembangunan berwawasan lingkungan ini juga biasa disebut dengan ciri yang diartikan sebagai suatu perencanaan yang memerhatikan daya dukung lingkungan sehingga dapat mendukung adanya kesinambungan pembangunan berwawasan lingkungan yang akan berdampak baik bagi kelangsungan hidup kedepannya.

Jadi dalam ciri pembangunan berwawasan lingkungan ini sebenarnya menjelaskan bagaimana inti dari pembangunan ini sebagai pembeda dari pembangunan biasa saja tanpa melibatkan sumber alam di dalamnya.

Komisi dunia untuk lingkungan dan pembangunan mendefinisikan pembangunan berkelanjutan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi mendatang.

Secara umum, prinsip dari pembangunan berwawasan lingkungan ini merupakan suatu pembangunan yang berpegang erat dengan suatu sumber daya alam dan dapat membantu guna mensejahterkan generasi yang akan datang supaya dapat merasakan sumber daya alam yang kita rasakan pada saat ini.

Menurut Pongtuluran Yonathan (2015:27-29) prinsip ini mencakup adanya pemikiran aspek lingkungan hidup sedini mungkin dan pada setiap tahapan pembangunan diperhitungkan daya dukung lingkungan di bawah nilai ambang batasnya.

Ada beberapa prinsip pembangunan berwawasan lingkung seperti yang sudah dijelaskan dalam buku manajemen sumber daya alam dan lingkungan (2015:27-29), Iman Supardi (2003) yang digunakan untuk mempertahankan fungsi berlanjut dalam upaya meningkatkan kualitas manusia, antara lain adalah:

a. Menghormati dan Memelihara Komunitas Kehidupan

b. Perbaiki Kualitas Hidup Manusia

c. Lestarikan Daya Hidup dan Keanaragaman Hayati

d. Menghindari Sumber Daya yang Terbarukan

e. Berusaha untuk Tidak Melampaui Kapasitas Daya Dukung Bumi

Tinggalkan Balasan