Vaksinasi Efektif Mengantisipasi Serangan Gelombang Ketiga Virus Covid-19

Jakarta – Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Nature pada 11 Oktober lalu, menunjukkan bahwa vaksinasi dapat memberikan efek perlindungan dan efektif melawan varian virus corona penyebab sakit Covid-19. Bahkan, studi ini juga menunjukkan bahwa dua merek vaksin yaitu Moderna dan Pfizer-BioNTEch terbukti dapat merespons sistem kekebalan terhadap infeksi.

“Vaksin menginduksi antibodi tingkat tinggi terhadap varian Delta dan sebagian besar varian,” ungkap Profesor Imunobiologi Waldemar Von Zedtwitz, Akiko Iwasaki

Di sisi lain, penelitian lain juga menunjukkan individu yang telah mendapat dosis vaksinasi cenderung lebih ringan terkena infeksi.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI membuktikan bahwa suntikan vaksin Covid-19 efektif menurunkan risiko infeksi, kemungkinan perawatan, dan kematian bagi tenaga kesehatan. Penelitian ini dilakukan terhadap 71.455 tenaga kesehatan di DKI Jakarta meliputi perawat, bidan, dokter, teknisi, dan tenaga umum lainnya sepanjang periode Januari-Juni 2021.

Menanggapi efektivitas vaksinasi mengantisipasi Covid-19, beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia berupaya mempercepat realisasi target capaian vaksinasinya.
Salah satunya dalam upaya mempercepat penuntasan vaksinasi COVID-19, pelayanan vaksinasi disediakan hingga malam hari di wilayah Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

“Pelaksanaan ini untuk mempermudah masyarakat yang tidak bisa mengikuti vaksinasi di siang hari karena kesibukan masing-masing,” kata Camat Payakumbuh Timur Dewi Novita

Pelayanan vaksinasi COVID-19 malam hari yang disediakan sejak Senin, 15 November ini terbukti efektif membantu warga mengakses pelayanan vaksinasi.

“Bahkan ada 80 masyarakat yang mendaftar untuk ikut vaksin meski hanya 59 yang bisa divaksin karena ada yang jadwal vaksin keduanya belum datang. Berarti ini akan efektif jika sering kita gelar,” katanya.

Tinggalkan Balasan