Mengapresiasi Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Perekonomian

Oleh : Alif Fikri )*

Masyarakat mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang saat ini terus digencarkan Pemerintah. Selain mampu memacu konektivitas antar daerah, pembangunan infrastruktur terbukti mampu meningkatkan perekonomian.

Pembangunan infrastruktur terus digencarkan demi bisa tingkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Hal ini tentu wajib untuk kita berikan apresiasi setinggi-tingginya karena sebagaimana dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) bahwa target Indonesia adalah masuk dalam kategori Upper-Middle Income di tahun 2025 mendatang. Maka dari itu peningkatan daya saing ekonomi terus menerus dioptimalkan oleh Pemerintah.

Salah satu hal yang bisa dikatakan sangatlah efektif adalah dengan melakukan reformasi struktural yang langsung mencakup adanya perbaikan dalam iklim investasi nasional dan juga melakukan percepatan pada pembangunan infrastruktur, khususnya pembangunan Proyek Strategis Nasional. Tentu dengan reformasi struktural yang dilakukan, maka besar harapan Indonesia mampu untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam bidang pengembangan ekonomi berbasis riset dan inovasi, selain itu nantinya juga berkorelasi lurus akan ada peningkatan dalam kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kita sudah tidak bisa lagi terlalu lama menunggu atau apabila kita berleha-leha dan tidak segera mempercepat pembangunan tersebut, maka momentum kita untuk segera kembali membalik keadaan dengan menggerakkan roda perekonomian akan menjadi jauh lebih sulit. Pasalnya tahun ini menjadi momentum yang paling tepat untuk bisa mengejar berbagai pencapaian dan juga target untuk jangka menengah hingga panjang tersebut lantaran sekarang menjadi tahun di mana pemulihan ekonomi akan mulai membaik pasca-pandemi COVID-19.

Bukan hanya itu, namun tahun ini juga menjadi waktu yang sangat tepat karena menjadi momentum di mana peningkatan daya saing perekonomian masyarakat akan terproyeksi kembali membaik setelah mengalami koreksi ketika dilanda pandemi. Tentunya hal yang penting di sini bukanlah hanya sekedar percepatan pembangunan infrastruktur saja, melainkan ada beberapa hal lain.

Beberapa hal yang patut menjadi kunci keberhasilan peningkatan perekonomian adalah adanya peningkatan kualitas perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan hingga pada tahap operasi dan pemeliharaan infrastruktur. Sehingga kita bisa menciptakan ‘value for money’ dari segala proses yang telah diupayakan tadi. Selama ini bisa dikatakan Kementerian PUPR menjadi salah satu yang terbaik dalam seluruh upaya ini.

Bahkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto langsung memberikan apresiasi besarnya kepada Menteri PUPR lantaran komitmen dan kerja kerasnya selama ini untuk melakukan percepatan pembangunan serta penyediaan infrastruktur yang sangatlah penting untuk mendorong tumbuhnya perekonomian nasional. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran dari pembangunan infrastruktur tersebut sangatlah penting.

Diketahui bahwa peran dari pembangunan infrastruktur banyak membantu untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2022 ini yaitu sebesar 5,2 persen. Tidak hanya sebagai roda penggerak perekonomian saja, namun dengan adanya pembangunan infrastruktur yang baik, maka Indonesia mampu terus mengungkit indeks persepsi dunia (usaha) dalam hal penentuan lokasi untuk melakukan investasi paling tepat sehingga akan banyak investor dari berbagai macam negara tak ragu lagi menanamkan modal mereka.

Seluruh target tersebut akan mampu untuk tercapai apabila setidaknya di akhir tahun 2024 ini Indonesia mampu untuk mendorong terus percepatan pembangunan infrastruktur hingga sebesar 49,4 persen. Hal lain yang sudah jelas dapat dirasakan oleh masyarakat adalah dengan adanya percepatan pembangunan infrastruktur di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, maka konektivitas antarwilayah dapat dengan lancar terjangkau.

Keterjangkauan koneksi antarwilayah yang selama ini menjadi salah satu permasalahan di masyarakat akhirnya dapat teratasi sehingga tentunya akan sangat membantu masyarakat dalam menjalankan mobilitas mereka sehari-hari. Konsistensi dari Presiden Jokowi untuk menyelesaikan setiap program pembangunan hingga ke seluruh pelosok Tanah Air patut untuk kita berikan apresiasi.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini

Tinggalkan Balasan