JIM PETERSON: PEMEKARAN WILAYAH PAPUA DEMI PERCEPATAN PEMBANGUNAN MENUJU PAPUA MAJU, SEJAHTERA DAN DAMAI SEBAGAI ASPIRASI MASYARAKAT ASLI PAPUA

Peneliti Papua dari Lesperssi, Jim Peterson, MA., M.Sos mengatakan bahwa Pemekaran provinsi dan kabupaten baru di Papua tepat untuk dilakukan karena sejumlah alasan mulai dari faktor sejarah, budaya, ekonomi dan pemerintahan. Hal tersebut dikatakannya dalam acara podcast yang diselenggarakan oleh salah satu media online nasional.

“Pertama kondisi geografis Papua sangat luas sekali. Kedua, kompleksitas dari kondisi geografis tersebut. Dan ketiga, melalui Pemekaran, Papua diharapkan mampu untuk memangkas birokrasi, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk didalamnya peningkatan pelayanan pendidikan kepada Orang Asli Papua”, ujar Jim.

“Bila dimekarkan menjadi 5 provinsi, maka persebaran penduduk dan jumlahnya menjadi berbeda. Hal ini akan mempermudah manajemen pelayanan publik kepada masyarakat Papua” tambah Jim.

Sebagai penutup ia menyimpulkan bahwa pemekaran propinsi di tanah Papua bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat asli Papua. Oleh karena itu seluruh stakeholder perlu untuk memberikan dukungan.

Tinggalkan Balasan